Tren Gamis Indonesia

10/05/2015 10:55

Bicara tentang  gamis model terbaru  di Indonesia tentu akan menunjuk pada busana yang ditujukan bagi wanita pengguna hijab. Gamis di beberapa daerha memang memiliki nama lain seperti abaya atau burqa atau chodar merupakan model busana yang menutupi seluruh tubuh dari mulai pundak, badan hingga kebawah berbentuk seperti jubah kecuali daerah kaki, telapak tangan dan wajah yang terbuka. Baju gamis modern di Indonesia ini menunjuk pada pakaian panjang tersebut berbeda dengan pengertian gamis tradisional yang biasanya berupa jubah yang terbuat dari kain hitam polos yang menutupi seluruh tubuh yang kemudian dikombinasikan juga dengan naqub atau cadar untuk menutupi wajah sehingga yang telihat hanya mata atau model yang sekarang dikenal sebagai khimar.

Bila melihat tren gamis ini sebetulnya beberapa kebudayaan juga mengenal model baju gamis, seperti Turki dan tentunya negara - negara timur tengah. Memang tidak jelas sejarah awal mula terciptanya gamis tetapi selama ini ada anggapan bahwa gamis sudah digunakan sejak Zaman Mesopotamia dan berkembang pesat pada abad ke 7 ketika berkembangnya agama Islam dimana gamis menjadi pakaian yang dipilih karena sesuai dengan ajaran agama.

Di Indonesia sendiri tren gamis ini terus berkembang. Bisa kita lihat di pusat perbelanjaan busans dimana ditawarkan baju gamis murah ataupun berbagai penawaran dalam promo gamis terbaru. Berkembangnya era internet juga dimanfaatkan tentunya oleh para wirausaha untuk jual gamis online dengan berbagai penawaran kemudahan yang diberikan seperti gratis ongkos kirim, COD hingga layanan purna jual termasuk untuk gamis online murah sehingga tersedia banyak pilihan bukan saja pilihan untuk model dan warna gamis serta bahan yang digunakan untuk gamis tetapi juga pilihan membeli online dari berbagai web jual gamis online murah atau seperti juga berbagai penjual di marketplace yang saat ini menjadi tren dan banyak bermunculan.