Apa sih Tunik Itu? Buat Muslim Aja?

09/10/2015 14:58

Para hijabers sudah tidak aneh lagi mendengar kata tunik bahkan hampir setiap hari melihat di medsos atau di lingkungan sekitarnya mengenai tunik model terbaru dan juga ketika googling ditawari promo tunik terbaru. Tapi tahukah darimana itu asalnya tunik? bagaimana tunik bisa menjadi standar busana yang digunakan hijabers?

Tunik adalah baju atau pakaian dengan ukuran longgar sehingga ukurannya akan lebih besar dibandingkan dengan model biasa. Tunik menutupi sebagian besar bagian badan seperti punggung, dada dan bahu. Kebanyakan tunik ini dibuat panjang hingga sebatas paha bahkan ada yang hingga lutut. Dalam beberapa model juga ada tunik yang dibuat model tanpa lengan.

Dalam sejarahnya tunik adalah pakaian sehari-hari orang Romawi. Tunik berasal dari kata "tunica" yang bersifat unisex artinya bisa digunakan baik oleh pria atau wanita dan menggambarkan status seseorang karena modelnya yang elegan.

Di Indonesia sendiri saat ini tunik merupakan pakaian sehari - hari banyak di tampilkan sebagai model busana muslim karena ukurannya yang longgar tersebut. Berbagai brand hijab menawarkan jual tunik terbaru hasil kreativitas designer fashion hijab. Banyak sekali varian tunik saat ini yang kemudian bisa digunakan baik dalam suasana formal ataupun kasual. Tunik modern pun dibuat lebih fleksibel tidak selalu panjang hingga lutut dan juga hadir baik dengan berlengan panjang, lengan pendek ataupun tanpa lengan.

Ketika tunik masih menjadi busana elegan terkesan mewah, biasanya tunik hanya digunakan untuk moment lebaran saja. Tetapi saat ini ketika banyak produsen hijab yang jual tunik murah maka tunik sudah menjadi busana sehari - hari. Di era modern ini kemudian banyak produsen menghadirkan berbagai macam model dan kemudian jual tunik online. Makin banyak produsen hijab yang terjun di industri fashion hijab ini memuat banyak pilihan dari mulai tunik online murah hingga tunik yang mewah untuk momen tertentu tadi seperti momen lebaran.

Pemilik brand hijab yang memproduksi tunik ini bukan saja brand hijab yang sudah terkenal seperti Mezora tetapi berbagai brand baru baik dari industri besar hingga home industri. Pemilik brand ini mengambil peluang pangsa pasar dari jual tunik online murah karena banyak kemudahan dalam prosesnya. bisa hanya bermodal instagram dan dropshipper sudah ikut berjualan. Makanya tiap hari tunik modern ini makin beragam dan makin tampil modis apalagi ketika selebritis ikut terjun dan membawa trend setter tunik ini.